Breaking

Sabtu, 11 Juli 2020

Indonesia Punya 1 Aset Negara Paling Mahal Bernilai Rp 347 Triliun, Apakah Itu?

Baca Juga

Indonesia Punya 1 Aset Negara Paling Mahal Bernilai Rp 347 Triliun.

BIJAKNEWS.COM -- Kementerian Keuangan menerbitkan dan mencatat aset negara , salah satunya kompleks Gelora Bung Karno atau GBK di kawasan Senayan, Jakarta Selatan. Saat ini, nilai aset ini mencapai Rp 347 triliun.

Nilai aset kompleks GBK mencapai 3,3 persen dari total aset negara yang saat ini mencapai Rp10,467,53 triliun. Ini merupakan nilai aset tertinggi di Indonesia.

"Karena membahas di pusat kota, jadi (nilai asetnya) tertinggi di Indonesia," ujar Direktur Barang Milik Negara (BMN) Ditjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Encep Sudarwan dalam diskusi virtual mengenai barang milik negara, Jumat, 10 Juli 2020.

Secara rinci, nilai aset tanah di kompleks stadion GBK yang terletak di Senayan, Jakarta, itu sekitar Rp 345 triliun. Sementara aset bangunannya hampir Rp 3 triliun.

Sebelumnya, pemerintah melaporkan kenaikan aset milik negara, ganti dengan perhitungan kembali aset atau revaluasi yang telah dilakukan pada 2018 hingga tahun ini.

Hasil, aset negara setelah dihitung kembali saat ini mencapai Rp 10,467,53 triliun, naik 65 persen dibandingkan sebelumnya yang sebesar Rp 6,325,28 triliun.

"Itulah hasil revaluasi, menambah aset sekitar Rp4.000 triliun. Kemarin kan kita nilai, Alhamdulillah sudah selesai diaudit BPK dan keluar opininya WTP, aset tetap kita naik," kata Encep

Berdasarkan nilainya, aset tetap yang dimiliki Kementerian Pertahanan (Kemhan) merupakan yang tertinggi di antara kementerian dan lembaga lain, mencapai Rp 1,645,56 triliun atau naik 27,66 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Aset Kementerian Pertahanan Indonesia ini , memenangkan aset tetap yang dimiliki Kementerian PUPR, yang mencapai Rp 1,564,61 triliun atau naik 26,3 persen dari tahun lalu.

(Sumber: Kumparan.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar