Breaking

Sabtu, 18 Juli 2020

Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri Apresiasi Dedikasi H. Duski Samad

Baca Juga

BIJAKNEWS.COM -- Delapan belas Juli dua ribu dua puluh, enam puluh tahun yang lalu di negeri Sikabu Padang Pariaman, lahirlah seorang guru besar yang saat ini mengabdikan hidupnya untuk membimbing umat di bawah naungan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dengan nama H. Duski Samad. Sosok yang selalu memberikan pencerahan kepada ummat, khususnya di Sumatera Barat atas persoalan yang menyangkut agama dan keagamaan ini, mengadakan Seminar Nasional dan Launching 6 Buku Digital Agama untuk Peradaban Dunia, Sabtu (18/7). Kegiatan yang dilaksanakan melalui Aplikasi Zoom Meeting dan di broadcast melalui YouTube ini, dihadiri Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri, Rektor UIN Imam Bonjol Padang H. Eka Putra Wirman, Bupati Kab. Padang Pariaman H. Ali Mukhni, Ketua Muhammadiyah Sumbar H. Shofwan Karim, dan ratusan peserta lainnya dari berbagai latar belakang yang berbeda.

H. Hendri dalam makalah Agama untuk Peradaman Dunia memaparkan tentang data Penduduk Agama di Dunia sampai Sumatera Barat. Penduduk Dunia yang berjumlah 7.7 Miliar ini dihuni oleh Agama Kristen berpenduduk 2 Miliar, Agama Islam berpenduduk 1.5 Miliar, Sekuler/Atheis berpenduduk 1.1 Miliar, Hindu berpenduduk 828 Juta, Buddha berpenduduk 450 Juta, Sikhisme berpenduduk 23 Juta, Yahudi berpenduduk 14 Juta, Jainisme berpenduduk 12 juta. Untuk Indonesia Islam berjumlah 87.2%, Kristen berjumlah 9.9%, Hindu berjumlah 1.7%, Buddha berjumlah 0.7%, Khonghucu berjumlah 0.2%. Khusus di Sumatera Barat, Islam berjumlah 97.4%, Kristen Protestan berjumlah 1.43%, Kristen Katolik berjumlah 0.83%, Buddha berjumlah 0.07%, Hindu berjumlah 0.01%.

Agama kita yakini sebagai peraturan dan pedoman serta ajaran atau sistem yang mengatur tentang keyakinan, keimanan dan kepercayaan. Agama Islam merupakan Agama Samawi yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul, menjadi Agama Rahmatan Lil Alamin. Islam selalu memerintahkan men-Tauhid-kan Allah SWT dan menjadi suri tauladan yang baik. Dalam beragama islam sudah ada aturan yang jelas dengan berpedoman kepada Al Qur'an dan Sunnah.

Sebagai Rahmatan Lil Alamin, Agama Islam memberikan peradaban yang maju, karena Agama Islam memberikan pengajaran sesuai dengan Surat Al Anbiya' ayat 107. Untuk itu literasi menjadi kunci untuk kembali ke kejayaan yang dulu pernah diraih oleh dinasty Abbasiyah. Untuk itu H. Hendri sangat mengapresiasi H. Duski Samad atas dedikasinya dalam menggiatkan literasi seperti program yang dilaksanakan saat ini di Kanwil Kemenag Sumbar. Di Sumatera Barat telah dibentuk KPPL (Komunitas Penulis Penggiat Literasi) hingga ke Kabupaten Kota. Hal ini dijalankan oleh Kanwil Kemenag Sumbar secara MTS (Masif Terstruktur dan Sistematis).

Di akhir makalahnya H. Hendri memberikan gambaran bahwa Sumatera Barat merupakan gudangnya tokoh yang luar biasa yang mempengaruhi Indonesia. Untuk itu perlu sinergitas antara seluruh lini dalam rangka meningkatkan literasi di jajaran kaum millenial. H. Hendri juga mengucapkan terima kasih atas undangan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan dalam rangka meningkatkan literasi dunia pendidikan, agama dan keagamaan.(rhama)

Humas Kemenag Sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar