Breaking

Jumat, 20 November 2020

Dalam Lima Tahun, Pemerataan Pendidikan Berhasil Diwujudkan di Sumbar

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri mengakui, pemerataan pendidikan di Sumbar menjadi tantangan besar bagi dirinya, bersama Gubernur, Irwan Prayitno. Terutama dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan, dalam membentuk generasi yang maju berkualitas unggul di daerah ini.

"Empat tahun berjalan, dengan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, Pemprov Sumbar berhasil mewujudkan peningkatan kualitas dan pemerataan pendidikan di daerah ini"ujar Adib Alfikri.

Dikatakannya, wujud pemerataan pendidikan yang telah dilakukan, dapat dibuktikan dengan tingginya Angka Partisipasi Murni (APM) daerah ini.  APM merupakan persentase jumlah anak pada kelompok usia sekolah tertentu yang sedang bersekolah, pada jenjang pendidikan yang sesuai dengan usianya, terhadap jumlah seluruh anak pada kelompok usia sekolah yang bersangkutan.

Peningkatan itu terlihat dari data Dinas Pendidikan Sumbar. APM SMA/SMK/MA/SMALB/Paket C, naik menjadi 72,63 pada 2019 dari sebelum hanya 71,90 pada 2015. Indikator lain keberhasilan Pemprov Sumbar mewujudkan pemerataan pendidikan, yakni Angka Partisipasi Kasar (APK). APK adalah perbandingan antara siswa pada jenjang pendidikan tertentu, dengan penduduk usia sekolah dan dinyatakan dalam persentase.(Hms Sumbar/tin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar