Breaking

Jumat, 20 November 2020

Pemprov Sumbar Telah Bangun Shelter Tsunami

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Berbagai langkah mitigasi bencana telah dilakukan Pemprov Sumbar, baik  kesiapan dari non fisik dan fisik. Kesiapan fisik  telah dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat seperti sekolah, perkantoran dan masyarakat daerahnya yang terkena zona merah. Informasi tersebut sudah tersampaikan dan terus berjalan sampai saat ini, serta masyarakat rutin diberi simulasi.

“Untuk bangunan fisik, Pemprov Sumbar telah melaksanakan pembangunan shelter tsunami. untuk sarana evakuasi. Selain itu, juga memanfaatkan shelter-shelter yang sudah ada. Pembangunan shelter ini membutuhkan dana yang banyak, kita masih butuh bantuan dari pusat,” jelas Gubernur Irwan Prayitno.

Gempa dan tsunami tahun 2009 di Provinsi Sumbar dapat menjadi pelajaran. Korban yang berjatuhan tidak saja karena tsunami, tetapi banyak juga korban akibat tertimpa bangunan.

Makanya pembangunan yang dilaksanakan juga mempertimbangkan analisis resiko bencana. Potensi terjadinya gempa tsunami bisa dipicu oleh gempa vulkanik atau gunung meletus, pengeseran lempengan bawah laut dan lainnya. (Hms Sum bar/tin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar