Breaking

Kamis, 19 November 2020

Pemprov Sumbar Kembangkan UMKM dan Koperasi

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Di era kepemimpinan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur, Nasrul Abit, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sumbar mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai program dan kegiatan pembinaan terhadap pelaku UMKM. Saat ini, jumlah UMKM di Provinsi Sumbar mencapai 593 ribu. Sebanyak 89,5 persen adalah usaha mikro, diikuti dengan 9,01 persen usaha kecil dan menengah, dan usaha besar 1,39 persen. Dengan jumlah penduduk mencapai 5,6 juta jiwa adalah pasar yang cukup besar bagi UMKM.

Salah satu keberhasilan duet pasangan ini untuk pengembangan Koperasi dan UMKM di Provinsi Sumbar, dengan menghadirkan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Provinsi Sumbar.

Sejak diresmikan oleh Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ir Abdul Kadir Damanik, 27 Juli 2019 lalu, PLUT-KUMKM Sumbar kini semakin ramai dikunjungi Pengurus Koperasi dan Pelaku UMKM di Sumbar.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melalui Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar, Nasrizal Nazar menyebutkan, beberapa bimtek di PLUT-KUMKM yang dilaksanakan meliputi, bimtek kewirausahaan, pelatihan pemasaran online, e commerce, bisnis canvas, pengembangan pemasaran offline dan pelatihan kemasan.

PLUT-KUMKM Sumbar juga aktif menjembatani pelaku UMKM dengan pemodal dan perbankan, untuk mengatasi persoalan modal usaha.  “Melalui PLUT-KUMKM ini, kita juga memberikan pelayanan perizinan melalui Dinas Penamaman Modal Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP),” ujarnya. (Hms Sumbr/tin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar