Breaking

Kamis, 03 Desember 2020

8 Manfaat Keju bagi Kesehatan

Baca Juga

8 Manfaat Keju bagi Kesehatan


BIJAKNEWS.COM -- Keju merupakan makanan lezat dan bergizi yang terbuat dari susu sapi, atau mamalia lain seperti domba dan kambing. Keju juga bisa dijadikan bahan makanan, diolah menjadi kue, atau seringkali menjadi topping pada hidangan.


Gaya, tekstur, dan rasanya bergantung pada asal susu (termasuk makanan hewani), apakah susu yang telah dipasteurisasi, kandungan lemak mentega, bakteri dan jamur, pemrosesan, dan penuaan.


Keju mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin C, B-6, B-12, A, D, E dan vitamin K. Vitamin lain seperti thiamin, riboflavin, niasin juga terdapat pada berbagai jenis keju. Karena kaya akan gizinya, keju memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dilansir dari Health Benefits times berikut ini.



1. Perawatan gigi


Keju kaya akan kalsium yang penting untuk kekuatan gigi. Selain itu, kandungan laktosa yang rendah pada keju bermanfaat untuk mencegah kerusakan gigi.


2. Kesehatan tulang


Sebagian besar jenis keju memiliki tingkat vitamin B yang lebih tinggi, sehingga memfasilitasi penyerapan dan penggunaan kalsium oleh tubuh manusia. Keju juga dapat membantu mencegah osteoporosis akibat kekurangan kalsium.


Selain itu, keju bisa menjadi sumber pengganti kalsium dari susu bagi Anda yang intoleran pada laktosa.


3. Kesehatan jantung


Konsumsi produk susu secara teratur dapat mengurangi risiko hipertensi dan bermanfaat bagi kesehatan jantung lainnya. Mengonsumsi keju dalam jumlah sedang dapat melindungi dari penyakit jantung.


4. Meredakan stress


Keju terdiri dari triptofan, asam amino esensial yang membantu produksi serotonin, yang memiliki efek menenangkan dengan mengatur suasana hati dan tingkat kecemasan Anda.


5. Penambah berat badan


Keju penuh dengan protein, lemak, kalsium, vitamin dan mineral. Protein sangat penting untuk pembentukan dan pertumbuhan otot, lemak untuk proses berbasis lemak dalam tubuh, kalsium untuk tulang yang lebih berat dan lebih kuat serta vitamin dan mineral untuk meningkatkan fungsi metabolisme. Seimbangkan dengan olahraga dan pola tidur yang benar.


6. Otot yang lebih kuat


Sebuah penelitian tahun 2013 menemukan, bahwa susu organik memiliki sekitar 62% lebih banyak asam lemak omega-3 yang sehat daripada susu biasa. Konsumsi keju dalam jumlah yang sedang dapat membantumu mendapatkan otot yang kuat.


7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Jenis keju tertentu seperti keju Blue, Swiss, dan Cheddar yang dikemas dengan selenium dan antioksidan yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin B dalam keju juga membantu menjaga fungsi tubuh dan meningkatkan kekebalan.


8. Manfaat lain


Keju mengandung asam linoleat terkonjugasi dan sfingolipid yang membantu mencegah kanker. Vitamin-B yang terkandung dalam keju sangat baik untuk perlindungan terhadap penyakit seperti beri. Ini juga meningkatkan pembentukan darah, memperkuat hati, dan memfasilitasi penyerapan nutrisi dalam tubuh.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar