Breaking

Kamis, 18 Maret 2021

Jadi Urutan ke 3, Begini Pelaksanaan Program GJB DWP Kanwil Kemenag Sumbar

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Resmi dilaunching Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri program Gerakan Jumat Berkah oleh DWP Kanwil Kemenag Sumbar akan dimulai pada Jumat Minggu ini. 

Hal tersebut dijelaskan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Hj. Bahirni Hendri saat acara launching Program GJB berlangsung di Aula Amal Bhakti I Rabu (17/03).

Lebih mendalam diterangkan bahwa kegiatan ini merupakan program unggulan Istri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Hj. Eny Yaqut Cholil sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. 

“Kegiatan Program GJB ini merupakan program unggulan dari DWP Kementerian Agama Republik Indonesia yang sudah diawali pada Februari 2020 oleh provinsi Maluku Utara, dan kedua Sulawesi kemudian baru Sumbar menjadi urutan ke 3,” ujar Bahirni.

“Gerakan Jumat Berkah ini bertujuan berbagi bersama, dengan sumber dana dari donasi seluruh anggota dan pengurus DWP tak terkecuali juga donasi dari pribadi Bapak bapak kita,” ujar Bahirni lagi.

“Ada satu hal yang ditekankan dari program GJb ini, yaitu dananya tidak boleh dimintakan diluar kesatuan Kementerian Agama dan harus dengan se Ikhlasnya tidak ada paksaan, karena program GJb ini adalah dari kita oleh kita dan untuk Masyarakat.”

“Ibu Menag sangat menegaskan ini, jangan sampai ada pengaduan pengaduan yang menyatakan adanya paksaan dalam pungutan dana GJB ini,” tegas Hj. Bahirni.

Lebih mendalam dijelaskan, “untuk DWP Kanwil Kemenag Sumbar, pelaksanaan program GJB ini dengan cara, pertama, menjalankan Kotak amal (katidiang,-red) setiap kali ada pertemuan. Kedua, meminta donasi kepada Bapak bapak pejabat kita, disepakati untuk Jumat pertama itu Bapak Kakanwil yang akan memberikan donasi, kemudian Jumat kedua Bapak Kabag TU, Jumat Ketiga Bapak Kabid, dan Jumat selanjutnya akan dipergilirkan.”

“Dana yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk Keluarga Kanwil Kemenag Sumbar yang tergolong kurang mampu, mungkin kepada tenaga honorer atau pegawai golongan rendah yang diserahkan setiap hari Jumat bisa berupa uang ataupun berupa barang seperti makanan, pakaian, atau alat sekolah yang diserahkan oleh pengurus beserta anggota dharma wanita.”

“Cara meminta sumbangan adalah pengurus membuat lis atau mendata pada tiap tiap bidang, atau juga bapak bapak bisa menyumbang satu atau dua bungkus nasi, yang nantinya akan diserahkan kepada pegawai honorer dan pegawai golongan rendah, bisa juga diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu.”

“Diharapkan Ketua Dharma Wanita Kemenag Kabupaten Kota juga sesegera mungkin melaunching program ini di masing-masing Kabupaten Kotanya yang akan dilaunching oleh Kakan Kemenag masing-masing,” tambah Hj. Bahirni

“Semoga dengan dilaunchingnya program ini indahnya kita berbagi saling merasakan kekurangan orang lain menambah ibadah kita, menambah keberkahan, menambah rezeki dan menambah semangat kita untk bekerja,” terangnya.

“Program Jumat Berkah ini juga bisa dilakukan dengan cara mengadakan goro di tempat Ibadah terdekat ataupun yang jauh, jadi Gerakan Jumat Berkah ini tidak hanya berupa uang tapi juga bisa berupa tenaga” sampai Hj. Bahirni lagi.

Terakhir Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus DWP Kanwil Kemenag Sumbar yang baru saja dilantik pada pagi harinya karena telah sukses melaksanakan 2 kegiatan sekaligus yaitu pengukuhan dan launching Gerakan Jumat Berkah ini.[DW]

Humas Kemenag Sumbar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar