Breaking

Senin, 22 Maret 2021

Kakanwil Kemenag dan Kabag TU, Terima Pengurus PW LDII Sumatera Barat

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Hendri, mengajak setiap Ormas (Organisasi Kemasyarakatan) keagamaan di provinsi ini, agar secara bersama memperkuat rasa ukhuwah atau kebersamaan antar sesama. Akhir-akhir ini, banyak pihak berupaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, dan Ormas keagamaan harus peduli mendamaikan suasana.

Penjelasan ini disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, Hendri, didampingi Kabag Tata Usaha, Irwan, bersama Kasubbag Umum dan Humas, Eri Gusnedi, ketika menerima delapan orang pengurus Pimpinan Wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PW LDII) Sumatera Barat di ruang kerjanya, Senin (22/3).

Kunjungan pengurus PW LDII tingkat provinsi ke Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, diikuti Ketua  M. Ari Sulthani, Sekretaris Mario, M. Shodiqan, Bustan Badal, Lukito, Rahmat Syahrin, M. Abdillah dan Nana Mulyana. Struktur kepengurusan PW LDII Samtera Barat ini, merupakan hasil pemilihan melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) di Padang, beberapa waktu lalu.

Bergemanya nilai-nilai ke-Islaman di negeri ini, ulas Hendri, tidak terlepas dari dukungan dan komitmen bersama agar selalu meningkatkan rasa kebersamaan dan merekat hubungan ukhuwah antar sesame. Saling mengharga antar sesame, bukan saja untuk kepentingan bersama sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di negeri ini tetap kokoh dan utuh.

Indonesia, terang kepala Kanwil, adalah negara yang kondisi masyarakatnya masyarakatnya majemuk, beragam suku bangsa, bahasa, dan memiliki ribuan pulau. Keberagaman suku bangsa, agama dan bahasa di tanah air adalah kekayaan sekaligus aset bangsa, yang harus dan patut dipertahankan, agar NKRI tetap utuh juga kokoh.

Menjadikan Indonesia damai, kompak dan masyarakatnya bersatu, ingat Hendri, bukan saja tuntutan dari ajaran Islam, tapi komitmen bersama ini juga ada selanjutnya terwujud dari karapan seluruh umat beragama. “Setiap agama di tanah air, tidak ada yang menginginkan terjadinya kekacauan, bentrok atau pertikaian di negeri ini”, katanya lagi.

Ketua PW LDII Sumatera Barat, M. Ari Sulthani, dihadapan kepala Kanwil bersama jajaran, menjelalaskan tanggal 16 Maret 2021 lalu, pengurus pusat LDII, diikuti pengurus PW dan perwakilan dari kabupaten atau kota se Indonesia, melaksanaan rapat koordinasi tingkat nasional di Jakarta. Pertemuan itu, diikuti Menteri Agama RI, Yaqut Chalil Cuomas, Sandiago Uno, Prabowo Subianto, bersama tokoh Islam lain.

Dari pertemuan tingkat nasional itu, ulasnya, disepakati pada tanggal 7 dan 8 April 2021 depan, akan dilaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) IX LDII. Mengingat masa pandemi penyebaran virus corona atau Covid-19 masih terjadi, dari keputusan Rakornas di Jakarta beberapa waktu lalu, disepakati bahwa pelaksanaan Munas IX selama dua hari ini dilaksanakan dalam dua bentuk.

Bentuk pertama, tambah Ari Sulthani, untuk pengurus pusat dan diikuti perwakilan pengurus wilayah, yaitu ketua bersama sekretaris dilaksanakan secara langsung di Pondok Pesantren Minhajur Rasyidin Jakarta. Bagi yang tidak berkesempatan ikut secara langsung, Munas dalam rangka pemilihan pengurus pusat periode 2021-2026 dimaksud bisa diikuti melalui pemanfaatan aplikasi zoom metting. (zar)

Humas Kemenag Sumbar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar