Breaking

Rabu, 28 April 2021

Terapkan Protkes Covid-19, UNP Kerahkan 35 Petugas Kesehatan Saat UTBK 2021

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Sejak pelaksanaan UTBK di Panlok 142 Universitas Negeri Padang (UNP) digelar pada tanggal 12 April 2021 yang lalu, Tim Kesehatan UTBK UNP yang diantaranya juga Satgas Covid-19 mengerahkan 35 orang petugas kesehatan yang terdiri dari 4 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi, 1 orang tenaga analis labor, sisanya perawat dan bidan. Kesemua tenaga kesehatan tersebut ditempatkan di 17 titik atau lokasi UTBK UNP.

Menurut Dr. dr. Linda Rosalina, M. Biomed, Koordinator Tim Kesehatan UTBK UNP, bahwa timnya bertanggungjawab penuh untuk menjamin pelaksanaan protokol kesehatan (Protkes) Covid-19 bagi seluruh peserta UTBK termasuk pengawas, panitia dan teknisi yang bertugas setiap hari. Memastikan bahwa seluruh peserta mencuci tangan, memakai masker dengan baik dan benar serta sesuai standard SNI serta mengukur suhu sebelum masuk ruang ujian.

Ditambahkan salah satu strategi yang disiapkan oleh UNP adalah menempatkan tim kesehatan, di titik-titik lokasi. Selain untuk menjamin pelaksanaan protokol kesehatan, juga untuk memberikan pertolongan pertama apabila ada peserta, pengawas dan teknisi yang sakit. Selanjutnya apabila dianggap perlu penangganan lebih lanjut akan direlokasi ke Poliklinik UNP, dimana kami juga sudah menyiapkan ruang isolasi dan perlengkapan emergency untuk penangganan sebelum dirujuk ke rumah sakit terdekat, kata dosen yang juga Wakil Dekan III di Fakultas Pariwisata dan Perhotelan ini.

Berdasarkan data yang diterima Humas-UNP sampai hari ke-10 penyelenggaraan UTBK di Panlok 142 UNP, sudah ada beberapa peserta yang sudah mendapatkan penangganan dari tim kesehatan. Diantaranya ada peserta yang memiliki keluhan, pusing, muntah-muntah, setelah mendapatkan pengobatan, mereka bisa melanjutkan ujian kembali. Di samping itu, UNP juga menyiapkan ambulance yang bersiaga untuk merelokasi peserta yang sakit.

(er/ Humas UNP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar