Breaking

Selasa, 28 September 2021

Gubernur Lepas Secara Resmi Kontingen PON Sumbar ke Papua

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi melepas secara resmi kontingen PON XX menuju medan juang untuk mengharumkan nama daerah di Papua.

"Mengirimkan atlet ke Papua dalam masa pandemi COVID-19 ini butuh perjuangan. Alhamdulillah bisa terlaksana," katanya saat pelepasan kontingen di Padang, Senin.

Karena jadwal dan lokasi pertandingan yang berbeda, maka sejumlah atlet dari cabang yang lebih dahulu bertanding telah diberangkatkan ke Papua sehingga tidak bisa dilepas secara resmi.

"Jadwal pembukaan PON XX Papua secara resmi adalah 2 oktober 2021. Pertandingan dilaksanakan sampai 15 Oktober 2021. Namun sebagian cabang sudah berlaga. Bahkan cabang eksibisi Hapkaido telah menyumbangkan medali emas untuk Sumbar," katanya.

Mahyeldi menegaskan PON adalah kompetisi, pertandingan antara orang karena itu kondisi yang kondusif harus disiapkan. Pelatih dan official harus membantu mengkondisikan suasana yang kondusif itu sehingga atlet bisa fokus bertanding.

"Jangan dibebankan atlet dengan tugas yang lain karena akan mengganggu mentalnya sehingga tidak bisa memberikan hasil terbaik," katanya.

Ia meminta panitia dan official untuk memprioritaskan segala kebutuhan dan keperluan atlet selama bertanding di atas segalanya agar target sepuluh besar nasional bisa tercapai.

Gubernur juga mengapresiasi Kapolda Sumbar yang membantu mengirimkan personil guna menjamin keselamatan atlet selama bertanding di Papua.

Ketua KONI Sumbar Agus Suardi mengatakan pada PON XX kontingen Sumbar diperkuat 188 atlet, 58 pelatih dan 54 official serta 21 Brimob.

Atlet akan berlaga di empat klaster berbeda yaitu klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke.

Sejumlah atlet dari beberapa cabang yang jadwal pertandingannya lebih dahulu dari pembukaan telah diberangkatkan ke Papua diantaranya dayung, gantole, panjat tebing, sepak takraw taekwondo, cricket, mungthai, paralayang, panahan dan senam. Juga beberapa cabang eksibisi yaitu hapkido, selancar dan e sport.

"Kami mengucapkan terima kasih pada Pemprov Sumbar, Kapolda dan perantau Minang yang menyambut hangat para atlet di Papua," ujarnya.

Ikut hadir dalam pelepasan itu Wakil Gubernur Sumbar, Audy Jonaldy, Anggota Forkopimda, Anggota Komisi V DPRD Prov Sumbar, Kadispora, dan kontingen Sumbar yang akan berangkat ke PON XX Papua.***

BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar