Breaking

Sabtu, 11 September 2021

Jurusan Sendratasik FBS UNP Laksanakan 2 Kegiatan Realisasi Hibah Pengelolaan Jurnal Dalam Bentuk Webinar Series 1

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Sabtu, (11/9), Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP melaksanakan dua Kegiatan Realisasi Hibah Pengelolaan Jurnal 2021 yang didanai oleh LPPM Universitas Negeri Padang. Adapun Jurnal yang mendapatkan Hibah Pengelolaan Jurnal dari LPPM UNP yaitunya Jurnal Sendratasik dan Jurnal Musikolastika.

Kegiatan dimulai pada 09.30 WIB dengan Kegiatan Webinar Series#1 dengan Tema “Mengelola Referensi Menggunakan Mendeley”, yang diikuti oleh Dosen-dosen, Mahasiswa Jurusan Sendratasik dan Civitas Akademik FBS UNP serta peserta umum lainnya. Materi disampaikan oleh Rudi Rudi Nofindra, S. Pd., M.T.Pd dari Sekjend IGVI mengenai penggunaan aplikasi Mendeley untuk mengelola referensi dalam penulisan artikel ilmiah.  

Pada siang harinya 13.00 WIB dilanjutkan Webinar Series#1 dengan Tema “Kiat Menulis Artikel Ilmiah Di Jurnal Bereputasi”, yang diikuti oleh Author serta Editor dari berbagai Perguruan Tinggi Nasional, Guru-guru serta Mahasiswa. Materi disampaikan oleh Assoc. Prof. Muji Setiyo, MT dari Editor Utama Jurnal Automotive Experiences (AE) terindeks Scopus Sinta 1 mengenai kiat-kiat menulis artikel ilmiah pada jurnal bereputasi.

Kegiatan ini juga terlaksana berkat dorongan dari berbagai pihak; Pimpinan Fakultas, Pimpinan Jurusan serta Pengelola Jurnal yang ada di Jurusan Sendratasik FBS UNP. Pembukaan kegiatan dimulai dengan pelaporan kegiatan Hibah Pengelolaan Jurnal oleh Editor in Chief Jurnal Sendratasik Drs. Marzam, M.Hum dan Editor in Chief Jurnal Musikolastika Fajry Subha’an Syah Sinaga, M.Pd serta dilanjutkan kata sambutan oleh Ketua Jurusan Sendratasik Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Prof. Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum.

Drs. Marzam, M.Hum pada kesempatan tersebut menyampaikan bahawa “kegiatan Webinar Series#1 ini merupakan salahsatu dari lima rancangan kegiatan hibah pengelolaan Jurnal Sendratasik yang didanai LPPM UNP”. Fajry Subha’an Syah Sinaga, M.Pd juga menyatakan bahwa “kegiatan yang diaksanakan pada Webinar Series#1 ini juga bertujuan untuk meningkatkan kwalitas pengeloaan jurnal serta salahsatu langkah untuk menjaring artikel-artikel yang berkwalitas untuk nantinya diterbitkan pada Jurnal Musikolastika dan Jurnal sendratasik”.

Pada kesempatan itu, Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum. Ketua Jurusan Sendratasik, FBS Universitas Negeri Padang menjelaskan bahwa hibah jurnal sangat bermanfaat untuk publikasi karya ilmiah terutama bagi mahasiswa yang harus mempublikasikan artikel ilmiah sebagai persyaratan untuk ujian skripsi. "Melalui kegiatan webinar ini, pengetahuan dan keterampilan mengelola referensi artikel menggunakan mendeley karena hal itu merupakan hal penting untuk peningkatan jurnal," Dr. Syeilendra, S.Kar., M.Hum.

Prof Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang mengemukakan bahwa Webinar Jurnal Sendratasik ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas Jurnal yang dikelola oleh Jurusan Sendratasik ini. "Harapan kita tentukan diharapkan menjadi Jurnal yang terakreditasi sinta secara nasional. Jika perlu untuk masa yang akan datang menjadi jurnal yang terakreditasi secara internasional," jelas Prof Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. Lebih lanjut Prof Dr. Ermanto, S.Pd., M.Hum. menjelaskan untuk menjadikan sebagai jurnal terakreditasi nasional, diperlukan artikel-artikel yang berkualitas pula secara ilmiah memenuhi kaidah struktur artikel ilmiah yang dipersyaratkan. (Hengki/Humas UNP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar