Breaking

Jumat, 22 April 2022

Audy Joinaldy: Kabupaten Kota Harus Kreatif Manfaatkan Program Provinsi dan Pusat

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
"Pemerintah Provinsi sejatinya tidak mempunyai wilayah, jadi program Pemprov pasti kami salurkan ke kabupaten dan kota. Sekarang kita punya anggaran yang cukup besar untuk program di bidang pertanian. Oleh karena itu pemerintah di tingkat kabupaten dan kota harus kreatif, inovatif dalam mengakses dana bantuan dari program-program itu, termasuk juga dari pemerintah pusat."

Begitu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy pada kesempatan Safari Ramadan bersama Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Evi di Mushola Al Furqan, Nagari Pakan Rabaa Selatan, Kec. Koto Parik Gadang di Ateh, Solok Selatan, Kamis (21/4).

Mendorong pemanfaatan program pemerintah provinsi dan pusat, Wagub memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Pemerintah Kab. Solok Selatan dalam mencari dana di luar APBD Kabupaten.

"Tadi kita dengan Pak Wakil Bupati berkunjung ke salah satu sentra sapi Solok Selatan yang menjadi pilot project kementrian pertanian di program seribu sapi (Desa Korporasi Sapi), itu kan bukti pemerintah Solsel bergerak mencari dana di luar APBD kabupaten sendiri," kata Wagub.

Disamping itu, Wagub juga menyampaikan program-program bantuan pertanian lainnya yang siap disalurkan ke pemerintah di tingkat kabupaten maupun kota, seperti di bidang perikanan, peternakan, kehutanan sosial hingga pelatihan kewirausahaan, dan pembinaan desa wisata. Terutama di Solok Selatan, Ia meyakini sebagai kabupaten termuda yang baru berusia 18 tahun, Solsel masih memiliki banyak sekali potensi-potensi besar di berbagai sektor yang bisa digali dan dibangun.

"Tinggal bagaimana pemerintah setempat mengajukan ke pemprov untuk dapat membantu kelompok-kelompok tani dan ternak yang ada di kabupaten kota, termasuk juga untuk kewirausahaan dan infrastruktur," lanjut Wagub.

Bersamaan dengan itu, Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Evi menyampaikan terimakasih atas bantuan dari program pertanian, maupun infrastruktur yang disalurkan pemerintah provinsi.

"Kami berterimakasih pada pemerintah provinsi, Solok Selatan menerima banyak bantuan ekonomi, pertanian, infrastruktur, juga kesehatan. Yang menjadi Prioritas saat ini adalah pembangunan jalan dari Abai-Pulau Punjung, dan Sungai Sungkai-Sungai Rumbai yang menghubungkan Solok Selatan dan Dharmasraya," ungkap Yulian Evi.

Ia berharap dengan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Solok Selatan.

"Harapan kita tentu dengan pembangunan jalan yang nantinya akan disambut dengan pintu tol di Dharmasraya itu perekonomian masyarakat kita di Solok Selatan ini semakin maju," harapnya lagi.

Lebih lanjut, Ia juga mengapresiasi kunjungan Safari Ramadan Pemprov Sumbar yang dipimpin Wakil Gubernur, "Kami juga apresiasi tujuan kedatangan Bapak Wagub beserta tim Safari Ramadan untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Solok Selatan, mudah-mudahan hubungan masyarakat Solsel dan pemerintah provinsi menjadi semakin dekat," pungkasnya.

Mengakhiri kunjungan Safari Ramadan, Wakil Gubernur, Audy Joinaldy menyerahkan bantuan uang senilai 25 juta rupiah untuk pembangunan Mushola Al Furqan, Nagari Pakan Rabaa Selatan itu. (Mc Prov Sumbar)

Dinas Kominfotik Sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar