Breaking

Rabu, 27 Juli 2022

Tingkatkan Keterampilan Teknis, 103 PSM Ikuti Bimtek Dasar Dinsos Sumbar

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Sebanyak 103 Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) se-Kabupaten Agam, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Dasar PSM yang digelar Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada 26 hingga 28 Juli 2022, di Aula Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Bimtek yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanakan tugas pengabdiaannya di bidang usaha kesejahteraan sosial, ini
dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, Selasa (26/7/2022) malam.

Dalam sambutannya, Irwan Fikri berharap agar bimtek ini  dapat dijadikan sebagai momentum evaluasi dan introspeksi dalam rangka peningkatan mutu PSM sebagai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang ada di masyarakat. 

Menurut Irwan, bimtek dasar PSM ini sangat penting sebagai bekal PSM yang hadir sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat, oleh sebab itu pemberdayaan PSM sangat penting diperjuangkan agar mampu mengelola urusan kesejahteraan sosial sesuai dengan ketentuan peraturan 
perundang-undangan yang berlaku.

"PSM merupakan salah satu bentuk mitra kerja dalam pembangunan kesejahteraan sosial tumbuh, berkarya dan berbakti di tengah-tengah masyarakat. Peran fungsi dan tanggung jawab PSM harus mampu melaksanakan fungsinya sebagai pelaksana dan atau pendamping usaha kesejahteraan sosial di lingkungannya. Untuk menjawab tuntutan diatas, maka diperlukan peningkatan kualitas PSM melalui Bimtek Dasar PSM," ujar Irwan.

Irwan juga menambahkan, pelatihan ini merupakan media pemberian bekal pengetahuan dan keterampilan profesi pekerjaan sosial maupun ilmu pendukung lainnya yang diperlukan PSM dalam melaksanakan tugas dan fungsinya PSM di masyarakat, sebagai motivator, dinamisator, organisator, pemberdaya, serta mediator san pengembangan jaringan kerja.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi, dalam laporannya menyampaikan, peserta Bimbingan Teknis Dasar Pekerja Sosial Masyarakat berasal dari relawan sosial dan pekerja sosial masyarakat yang belum pernah mendapatkan bimtek dasar sebanyak 103 orang yang berasal dari Kabupaten Agam.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanakan tugas pengabdiaannya di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial. Meningkatnya motivasi dan kinerja PSM dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat umumnya dan PMKS khususnya," kata Kadis.

Dalam Bimtek yang diselenggarakan selama tiga hari ini menghadirkan narasumber Gubernur Sumbar, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Dinas Sosial Kabupaten Agam, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional Sumatera serta motivator organisasi kepemudaan.(doa/MMC)

Dinas Kominfotik Provinsi Sumbar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar