Breaking

Jumat, 09 Desember 2022

Wagub Audy: Era 4.0 Saatnya Penyuluh Pertanian Sumbar Kembangkan Softskill Berbasis Digital

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Audy Jonaldy, Wakil Gubernur Sumatera Barat hadir sebagai pembicara pada Seminar Nasional Sekolah Pasca Sarjana Unand yang mengangkat tema "Posisi dan Kontribusi Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Untuk Kemandirian Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia, yang digelar di Santika Premiere Hotel, Padang, Kamis (08/12/2022).

Berbicara tentang penyuluhan menurut Audy terkadang terdengar sepele, namun nyatanya penyuluhan adalah backbone bagi pembangunan. Karena persentase sektor ekonomi di daerah merujuk pada agriculture, maka dalam pengembangan sektor ini penyuluhan sangat dibutuhkan.

Dijelaskan Wagub Audy, pada dasarnya  ilmu yang dituntut di masa depan cenderung mengarah ke penguasaan  softskill. Meski keduanya tidak bisa dipisahkan Ilmu ini lebih dipentingkan dibandingkan hardskill apalagi di era 4.0. Di bidang penyuluhan ini pula, softskill sangat diperhatikan.

"Kalau kita bahas tentang era transformasi artinya kita harus siap menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat," ujar Audy.

"Dari Pemprov, kita juga sudah merancang penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis digital," lanjut Audy.

Mengakhiri paparan materinya, Wagub menyampaikan bahwa pemahaman yang terpenting dalam ilmu penyuluhan dan komunikasi pembangunan adalah bagaimana seorang penyuluh paham cara mengkomunikasikan, kondisi, dan paham siapa audiensnya.

Selain Wakil Gubernur, seminar Nasional ini dihadiri juga oleh narasumber-narasumber berkafaah dibidangnya, diantaranya Direktur PT Semen Padang Asri Mukhtar, Wakil Dekan Fakultas Pertanian UGM Subejo, Koordinator Prodi S2 Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Pasca Sarjana Unand Hery Bachrizal, serta dosen pasca sarjana Unand. (Ssy/MC Prov Sumbar)

Dinas Kominfotik Sumbar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar