Breaking

Kamis, 16 Februari 2023

Cetak Sejarah, Pemprov Sumbar Jalin Sister Province Pertama

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Kamis (16/2) Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, menyambut langsung kedatangan kolega gubernurnya dari timur jauh, Kim Kwan-young yang merupakan Gubernur Jeollabuk-Do (Provinsi Jeollabuk) Korea Selatan. 

Mendarat di Bandara Internasional Minangkabau pukul 18.00 WIB, kedatangan Kim Kwan-young ini merupakan kunjungan pertama gubernur negeri ginseng Korea Selatan ke Sumatera Barat setelah beberapa dekade.

Kedatangan Gubernur provinsi yang berpenduduk hampir 1,8 juta jiwa ini, dalam rangka penandatanganan LoI Sister Province Jeollabuk-Do dengan Sumatera Barat. 

Kepala Bagian Kerjasama Pemprov Sumbar, Zaki Fahminanda, menjelaskan bahwa item kerjasama Sister Province antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jeollabuk antara lain pada sektor  pariwisata, pertanian dan perikanan, industri dan peningkatan kapasitas SDM.

“Program Sister Province ini sudah digagas sejak tahun 2017 lalu. Alhamdulillah berhasil dilakukan penandatanganan LoI pada tahun ini, sekaligus menjadi Sister Province pertama Provinsi Sumatera Barat. Ke depannya dengan terjalinnya Sister Province dengan Jeollabuk-Do ini diharapkan akan bisa mendatangkan banyak manfaat dan peluang bagi Sumatera Barat ke depan,” jelasnya.  

Dikonfirmasi terpisah, Kamis (16/2), Kadispar Sumbar, Luhur Budianda yang turut mendampingi Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi, mengutarakan bahwa Dinas Pariwisata Sumbar juga akan langsung menindaklanjuti program Sister Province antara Jeollabuk-Do dengan Sumatera Barat terkait kepariwisataan. 

“Provinsi Jeollabuk ini kita anggap memiliki potensi yang mirip dengan apa yang kita miliki di Sumatera Barat, terutama pada sektor pariwisatanya. Dengan potensi keindahan alam, situs wisata warisan dunia, Provinsi Jeollabuk juga memiliki beragam even tahunan internasional. Ini yang akan coba kita adopsi dan kerjasamakan nantinya dalam mendukung VBWS 2023,” tutur kepala dinas yang akrab disapa Budi ini. 

Selain melakukan pertemuan dan penandatanganan LoI dengan Gubernur Sumatera Barat, Kim Kwan-young Gubernur Jeollabuk-Do, juga dijadwalkan akan mengunjungi beberapa objek wisata yang terdapat di Sumatera Barat.

Pemprov. Sumatera Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar