Breaking

Sabtu, 25 Februari 2023

Penerimaan Mahasiswa Baru UNP Tahun 2023, Prodi PGSD Paling Banyak Peminat

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Mengawali jumpa pers, wakil rektor 1 Refnaldi menyampaikan 3 tahapan dalam penerimaan mahasiswa baru, tahap pertama berbasis prestasi, kemudian tahapan kedua berbasis tes dan yang ketiga adalah melalui jalur mandiri. Dengan quote mengikuti ketentuan dari Menteri Pendidikan secara nasional yakni melalui jalur prestasi sekitar 20%, Tes 40% dan Mandiri 30%.

Terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Padang (UNP). Wakil Rektor 1 Refnaldi didampingi Kepala Humas Oki Trinand Kepala Biro Dian Rahmawati, MM, dan sekretaris memberikan keterangan terkait jumlah dan kriteria dalam penerimaan mahasiswa baru tersebut dalam gelaran jumpa pers Sabtu (25/02) di Ruang Sidang Senat UNP Lantai 4.

Lebih lanjut dikatakan, untuk jadwal penerimaan seleksi mahasiswa jalur SNBP atau jalur rapor saat ini sudah berjalan sampai tanggal 28 Februari dan pengumuman hasil SNBP akan diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023 pada pukul 15:00 wib. Dan nantinya bagi yang lulus dalam penentuan UKT ditentukan berdasarkan pekerjaan atau perekonomian orang tua.

Dikatakan Refnaldi bahwa 10250 siswa berkesempatan untuk masuk ke UNP Padang. Apalagi saat ini UNP juga sudah membuka teknik biologi, ilmu komunikasi dan lainnya.

Kemudian Refnaldi menambahkan ada 2 prodi baru yang belum ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 ini yaitu Prodi Kedokteran dan Keperawatan, karena masih dalam proses pengembangan.

Dr. Refnaldi yang juga ketua penerimaan mahasiswa baru menuturkan prodi yang paling banyak peminatnya di UNP adalah PGSD.

”Ada sekitar 1000 peminat untuk prodi PGSD ini dan Prodi Manajemen juga tinggi peminatnya sehingga tingkat persaingan nya juga tinggi”, tutur Dr. Refnaldi.

Sementara Kepala Humas UNP, Oki Trinanda juga menambahkan bahwa semua prodi di UNP sudah banyak terakreditasi Internasional yaitu akreditasi A.

Ditambahkan bahwa Akreditasi Internasional itu berasal dari Jerman yakni ASIIN lalu dari Asean University Network, UN-QA dan AQAS. Lalu ada 28 Prodi yang termasuk kelas internasional, dimana dalam prodi ini diwajibkan berbahasa inggris dalam proses perkuliahannya. Mahasiswa nya juga berasal dari berbagai negara seperti dari negara Kamboja, Malaysia dan negara- negara Asia.” Ucap Oki.

Jadi semua mahasiswa berpeluang dan diprioritaskan ikut program International Students Mobility Award (ISMA) yang mana tahun ini ada yang berangkat ke negara Cheko, Malaysia, Amerika dan Selandia Baru”, tutup Oki. 


(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar