Breaking

Kamis, 30 Maret 2023

Wikan Sakarinto Berikan Kuliah Umum kepada Mahasiswa Vokasi UNP

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi periode 2020 – 2022 Wikan Sakarinto, ST, M.Sc, Ph.D memberikan kuliah umum di hadapan pimpinan dan mahasiswa Program Vokasi Universitas Negeri Padang (UNP) pada Kamis (30/3) di Ruang Sidang Senat Lantai 4 Gedung Rektorat UNP, Air Tawar, Padang. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor I dan II, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Badan, Kepala Biro, Koordinator Program Studi D III dan D IV , dan mahasiswa vokasi UNP. 

Dalam sambutannya Rektor UNP yang diwakili oleh WR I Dr. Refnaldi, M.Litt  menyampaikan kehadiran Wikan Sakarinto di UNP  dalam rangka mendukung pengembangan program-program vokasi di Universitas Negeri Padang. Diharapkan kehadiran Wikan ke UNP dapat memperkuat pengembangan sekolah Vokasi UNP dan memberikan arahan kepada mahasiswa. “Tahun ini ada tujuh program studi vokasi yang sedang disiapkan oleh UNP. Untuk itu kita perlu mendapatkan informasi terbaru dan pencerahan terutama berkenaan dengan inovasi pembelajaran  untuk Pendidikan vokasi di UNP” disampaikan oleh Dr. Refnaldi.

Wikan Sakarinto dalam materi kuliah umum dengan tema “Inovasi Pembelajaran untuk Menciptakan Lulusan Berkompeten sesuai Kebutuhan Nyata Dunia Industri” menyampaikan bahwa dengan program Menteri Pendidikan,  Kebudayaan, Riset dan Teknologi yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan banyak peluang untuk praktek di dunia usaha dan dunia industri terutama untuk mahasiswa program vokasi.  Wikan mengingatkan kepada para mahasiswa bahwa terdapat empat keluhan pengguna tenaga kerja yakni softskill kurang tahan menghadapi tekanan dalam dunia kerja, kurang dapat berkomunikasi lisan dan tulisan dengan baik, kurang dapat bekerjasama dalam sebuah tim dan kurang inisiatif dan mudah bosan. 

Wikan juga berbagi kisah kesuksesan salah satunya memiliki hardskill. Pendidikan vokasi masuk dalam rancangan rencana besar Indonesia, untuk mewujudkan Indonesia Emas salah satunya Pendidikan Vokasi.

(NE/Humas UNP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar