Breaking

Selasa, 26 September 2023

Kerjasama Departemen Fisika UNP dan University Of Wollonggong, Bukti Departemen Fisika Serius Mewujudkan UNP Menjadi WCU

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Departemen Fisika UNP berkerja sama dengan School of Environment, Atmospheric and Life Sciences, University of Wollongong Australia dan didukung oleh Environmental Futures Research Centre (UOW) dan the Australian Research Council mewujudkan suatu program penting UNP untuk dalam mencapai World Class University (WCU). Kegiatan-kegiatan yang disepakati adalah: 1. Joint Teaching, 2. Public Lecture and 3. Potential Research collaboration.

Kegiatan pertama yaitu Joint Teaching baru saja dilaksanakan (Selasa, 26 September 2023, jam 09.41 sampai dengan 12.20 WIB) dalam mata kuliah Pengantar Geofisika pada Kelompok Bidang Keahlian Geofisika yang diampu oleh Dr. Hamdi, M.Si. dan Joint Teaching dengan Alena Kimbrough dari University of Wollongong Australia. Jalinan kerjasama dengan Alena sudah dimulai dari tahun 2013 ketika beliau masih menjadi Ph.D. student The Australian National University (ANU) Australia.

Pada Perkuliahan tatap muka (Offline) ini, Alena menjelaskan tentang “Sulawesi Stalagmite and Ancient monsoon rainfall” yang diikuti oleh 46 orang mahasiswa. Materi yang disampaikan Alena sangat menarik, sangat bermanfaat, memberi inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan yang fundamental dan membangun pengetahuan mahasiswa tentang bagaimana proses bumi menyimpan informasi khsusnya dalam goa ratusan, ribuaan bahkan jutaan tahun dan bagaimana cara mengungkapkannya atau mempelajarinya ratusan, ribuaan bahkan jutaan tahun setelah kejadiannya. Perkuliahan akan dilanjutkan dengan pertemuan secara online dalam minggu mendatang. 

Joint Teaching sangat diapresiasi oleh Dekan FMIPA Dr. Yulkifli, M.Si. dan  Kepala Departemen Fisika Prof. Dr. Asrizal, M.Si. serta berharap terjadi transfer knowledge dari Alena sebagai dosen luar universitas kepada mahasiswa Fisika yang mengikutinya.

Dekan FMIPA dan  Kepala Departemen Fisika juga berharap, kegiatan kedua yaitu Public Lecture yang akan dikuti tidak hanya oleh mahasiswa Fisika, tetapi juga mahasiswa-mahasiswa lain serta dosen-dosen yang terkait dengan bidang kajian ini dimana Public Lecture dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 26 September 2023, jam 09 sampai dengan selesai di Aula FMIPA UNP. Kemudian juga berharap, potensi kerjasama reset terwujudkan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar