Breaking

Kamis, 06 September 2018

Gubernur Irwan Dorong Mentawai Majukan Potensi Pariwisata untuk Kurangi Kemiskinan

Baca Juga

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat berbincang bersama Bupati i dan Wakil Bupati Metawai, Rabu (5/9).
MENTAWAI – Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki banyak potensi sumber daya alam, salah satunya pariwisata. Jika Mentawai fokus memajukan pariwisata, maka Mentawai diyakini bisa menekan tingkat kemiskinan.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Bappeda Mentawai dalam rangka Ekspedisi Mentawai Terang Menuju Rasio Desa berlistrik 100 persen tahun 2018 dan rasio elektrifikasi 100 persen, Rabu (5/9).

“Saya yakin dengan adanya keseriusan mengelola potensi yang ada, Mentawai bisa menumbuhkan ekonomi di tengah masyarakat, sehingga dapat mengurangi kemiskinan di Bumi Sikerei,” kata Irwan Prayitno.
Menurutnya, salah satu langkah untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kepulauan Mentawai, harus ada gebrakan serius dari Pemkab untuk memajukan dunia pariwisata. Potensi wisata akan menjamin peningkatan ekonomi di wilayah tersebut.

Dikatakan Gubernur, rata-rata daerah yang memprioritaskan potensi wisata dapat mengurangi tingkat kemiskinan di daerahnya. Salah satu contohnya adalah daerah Bali. Sebaliknya, ada daerah lain yang penghasil minyak, batu bara, dan tambang lain, tapi ekonomi penduduknya masih miskin. Hal itu dikarenakan daerah yang berpenghasilan minyak dan batu bara, pada prinsipnya tidak langsung dirasakan masyarakat. Tapi, kalau di bidang pariwisata, hasil serta sasarannya langsung dirasakan masyarakat, karena masyarakat langsung terlibat contohnya membuka usaha seperti restoran, hotel dan usaha lainnya.

Namun, di sisi lain, Mentawai masih masuk kategori daerah 3 T dengan rasio kelistrikan yang sangat rendah. Karena itu, Mentawai harus mendapat dorongan serta bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, sehingga rasio kelistrikan di Bumi Sikerei bisa mencapai 100 persen.

“Mari kita bersama mendukung program Mentawai terang agar rasio elektrifikasi di Mentawai bisa meningkat serta mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Adapun program kunjungan kerja Gubernur Sumatera Barat di Kabupaten Kepulauan Mentawai, yaitu penyerahan bantuan program CSR PT. PLN Persero Wilayah Sumbar sekaligus peresmian Gedung Dekranasda Dinas Peridagkop Mentawai dan lokasi kuliner khas Mentawai, peletakan batu pertama Masjid Cahaya Mentawai dan launching Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) pelabuhan Tuapeijat.

(rel/rki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar