Breaking

Sabtu, 01 Februari 2020

Ada untuk Berkontribusi, Kepengurusan JCI Indonesia Chapter Pekanbaru 2020 Dikukuhkan

Baca Juga

PEKANBARU -- Pengukuhan atau inaugurasi pengurus Junior Chamber International (JCI) Indonesia Chapter Pekanbaru 2020 dilangsungkan di Hotel Royal Asnof Pekanbaru, Jumat (31/1/2020) sore tadi. Maya Laura dilantik menjadi Local President JCI Chapter Pekanbaru 2020.

Inaugurasi JCI Pekanbaru ini dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar dan National Vice President JCI Indonesia 2020, Mawarni Putri Tampubolon.

Usai pengukuhan, Local President JCI Chapter Pekanbaru 2020, Maya Laura menjelaskan bahwa JCI Indonesia merupakan organisasi nasional pemuda non-politik dan non-sektarian, bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi pada Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). 

JCI, papar Maya, memiliki tujuan untuk menyebarluaskan kepada masyarakat dunia bahwa setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri, bahwa setiap insan manusia di dunia adalah sama kedudukannya, menyadari bahwa di dunia ini terdapat saling ketergantungan dan dunia ini bukan milik perorangan akan tetapi dunialah yang memiliki manusia.

"JCI ini organisasi, komunitas kepemudaan tingkat internasional dengan anggota berusia antara 18 sampai 40 tahun. Maksud dan tujuan organisasi ini adalah untuk menciptakan perubahan positif di seluruh dunia. Beberapa tokoh dunia juga dulunya bagian dari JCI, seperti Kofi Annan Sekjen PBB, Bill Clinton mantan Presiden Amerika Serikat. Bahkan, Presiden Republik Indonesia, pak Jokowi juga JCI," ujar Maya dalam penjelasannya. 

Adapun misi JCI, lanjut Maya, yaitu untuk berkontribusi dalam kemajuan komunitas global dengan menyediakan kesempatan bagi para pemuda untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan kepemimpinannya, tanggung jawab sosial, persahabatan serta kewirausahaan untuk menciptakan perubahan yang positif

"Kami berbeda dari organisasi lainnya. Kami (JCI) ada untuk berkontribusi, bukan untuk menerima subsidi. Sehingga semua program yang kami buat diantaranya seperti kewirausahaan pemuda, pemberdayaan generasi milenial, digitalisasi, kepemimpinan, semua itu menggunakan dana pribadi, tidak ada subsidi dari pihak manapun," ujarnya.

Berangkat dari tujuan mulia itu juga lah, Maya berharap JCI Indonesia Chapter Pekanbaru dapat dilibatkan dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam program kepemudaan.

"Di sini ada pak Gubernur hadir langsung, kami berharap pak, semoga JCI Chapter Pekanbaru dilibatkan, kalau ada program kepemudaan kami bisa disertakan," harapnya.

Sementara itu, National Vice President JCI Indonesia 2020, Mawarni Putri Tampubolon menambahkan, bahwa yang membedakan JCI dengan organisasi lainnya adalah soal masa kepengurusannya. Di mana, masa kepengurusan JCI hanya berlangsung selama satu tahun.

"Hanya satu tahun masa kepengurusannya. Sehingga setiap tahun terjadi pergantian kepemimpinan dan kepengurusan. Dan untuk menjadi Local President juga harus melalui tahapan, diantaranya seperi," kata Mawarni.

Di tempat yang sama, Gubernur Riau, Syamsuar mengaku sangat menyambut baik kehadiran JCI ini.

"Saya sangking penasarannya dengan JCI, saya upayakan untung datang langsung ke acara ini. Setelah saya tahu apa itu JCI, ternyata orang-orang hebat yang ada di dalamnya, seperti yang disebutkan tadi," kata Syamsuar.

Ia pun berharap JCI Chapter Pekanbaru dapat membuat kegiatan-kegiatan positif yang melibatkan para pemuda di Riau.
"Anak-anak Riau itu sebenarnya tidak kalah, mereka juga memiliki daya saing dengan negara lain. Buktinya, ada banyak anak-anak Riau yang bekerja di luar negeri. Ini yang harus kita dukung. Kami berharap JCI Chapter Pekanbaru ini dapat membantu pemerintah," ujarnya.

Adapun pengurus JCI Indonesia Chapter Pekanbaru 2020 yang dilantik hari ini, yakni :
1. Local President tahun 2020, Maya Laura SE. M.Ak
2. Secretary General, Ricky ariandi, S.P., M.Si
3. Local Traesurer, Putri Permatasari
4 Local General Legal Council, Victor Yonathan, SH, M.Kn
5. Executive Vice President, Zulhendra
6. Executive Vice President, Gora Gahana Hutahaean
7. VP community, Tiganov Samani Arba
8. VP Individual, Munawar Syahputra
9. VP Business, Agung anugrah
10. VP Internasional, Rahmat Taufiq. 

Sumber: goriau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar