Breaking

Jumat, 27 November 2020

Karena Alamnya, Hanya Mentawai Belum Launching Manasik Haji Sepanjang Tahun

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
Dari 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat, hingga kini hanya satu kabupaten  belum melaunching pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun di daerahnya. Secara berurutan, pada hari dan tanggal berbeda, setiap kabupaten/kota resmikan dimulainya pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun di daerahnya.

“Kabupaten, belum memulai pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun itu adalah Kantor Kementerian Agama Kepulauan Mentawai”, kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, diwakili Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji, Zilwadi, menjawab Humas di ruang kerjanya, Padang, Kamis (26/11).

Menurur Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Haji Kanwil itu, belum dilaksanakannya launching manasik haji sepanjang tahun di Kepulauan Mentewai, bukan karena belum siap atau terbatasnya fasilitasnya. Tapi, disebabkan oleh kondisi alam, dan jauhnya jarak tempuh antara Kota Padang dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dari 34 provinsi se Indonesia, jelas Zilwadi, Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat, diikuti Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota, merupakan satu-satunya provinsi telah melaunching pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun. Setelah pelaksanaan manasih haji sepanjang tahun diresmikan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, disibukkan membuat laporan.

Dari 19 kabupaten/kota se Sumatera Barat, ulasnya lagi, ada Kantor Kementerian Agama di provinsi ini telah menyampaikan laporan secara tertulis, malah ada di antaranya telah mengirimkan laporan secara tertulisnya ke Direktorat Jenderal (Ditjend) PHU di Kementerian Agama pusat, yang satu rangkap di antaranya dikirmkan ke Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat.

Beberapa waktu lalu, terang Zlwadi, ada provinsi di tanah air sengaja menghubungi pihaknya sekaligus konsulatasi, sekaitan bagaimana pola, sistem dan tata cara yang dilaksanakan, ketika pihak Kanwil yang ditindaklanjuti setiap Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota, meresmikan dimulainya manasik haji sepanjang tahun.

Ketika pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun di setiap kabupaten/kota se Sumatera Barat, tambah Kasi Bina Haji dan Advokasi Haji lagi, setiap pemateri atau orang-orang bertugas sebagai tutor adalah mereka yang telah memiliki sertifikat. Ke depan, peranan pemateri atau tutor pada setiap manasik haji adalah profesi. 

 

humas kanwil kemenag sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar