Breaking

Senin, 20 Desember 2021

Irwan Basir Kukuhkan Pengurus Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kalumbuk Badunsanak

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM mengatakan, Koperasi pada intinya adalah sekumpulan orang-orang yang bekerjasama dengan punya satu tujuan yang sama dan untuk kepentingan bersama. Koperasi didirikan dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota.

" Jadi koperasi memang betul-betul betujuan untuk mensejahterakan anggotanya dan untuk memajukan anggotanya. Ini lah salah satu keunggulan koperasi." 

Demikian sambutan Irwan Basir dalam acara Pengukuhan Pengurus Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kalumbuk Badunsanak Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Kota Padang pada Sabtu malam 18/12/21.

Disamping itu, Irwan Basir juga menyampaikan kalau saat ini masyarakat sudah banyak menjerit oleh para rentenir. Kita tidak bisa mengingkari hal itu, karena sulitnya ekonomi masyarakat maka masyarakat mencari pinjaman yang cepat atau instan dan akhirnya terjerat oleh pinjaman rentenir dengan bunga yang tinggi. Ini terjadi dimana mana dan banyak disekitar kita.

Selanjutnya, Irwan Basir yang juga salah seorang Pembina Koperasi Kalumbuk Badunsanak ini menambahkan, keberadaan Koperasi Syariah ini adalah jawaban dari maraknya praktek-praktek riba yang terjadi dikalangan masyarakat. Dan ini akan menyelamatkan masyarakat dari pinjaman bunga tinggi yang jelas jelas merugikan masyarakat kecil. Jadi keberadaan Koperasi ini memang betul-betul sangat membantu sekali apalagi dimasa masa pandemi ini. 

"Saya sangat mendukung keberadaan koperasi Syariah ini. Ini adalah salah satu usaha menyelamatkan masyarakat kita dari pinjaman-pinjaman liar yang bunganya sangat mencekik. Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat khususnya warga Kalumbuk ini untuk masuk menjadi anggota Koperasi Kalumbuk Badunsanak ini agar terhindar dari pinjaman rentenir. " ungkap Irwan Basir.

Sementara itu, Zulhardi Z Latif yang juga salah seorang Pembina Koperasi ini dalam sambutannya mengatakan kalau selama ini dia sudah banyak menyaksikan masyarakat yang terjerat utang dengan rentenir. Dan presentasenya sangat tinggi. Jadi dengan didirikannya Koperasi ini setidak-tidaknya dapat menutup langkah para rentenir dalam memberikan pinjaman kepada masyarakat.

"Kita harus tahu, meminjam dengan rentenir itu tidak untung yang didapat, kecuali dua kerugian. Rugi didunia karena harus bayar bunga yang tinggi, dan rugi di akhirat karena kita telah melakukan perbuatan riba yang kita tahu adalah perbuatan dosa. Dan koperasi syariah inilah salah satu solusinya. " terang anggota DPRD Kota Padang dari Fraksi Golkar ini.

Senada dengan Zulhardi Z Latif yang akrab dipanggil buya ini, Penasehat Koperasi Syafrial Kani juga menyampaikan hal yang serupa. Dengan menghindari meminjam kepada rentenir, berarti masyarakat sudah menjauhui perbuatan dosa dan menuju ke arah jalan kebaikan.

" Kita akan dukung bersama koperasi ini agar terus berkembang dan bertambah besar. Ini adalah salah satu cara menyelamatkan masyarakat kita dari jeratan para rentenir. Dan kita secara bersama-sama dengan Dewan Pembina akan membantu dan membesarkan Koperasi Kalumbuk Badunsanak ini. " ujar Syafrial Kani yang juga Ketua DPRD Kota Padang ini.

Jufrizal S.Sos.I. MM, selaku pendiri Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah  Kalumbuk Badunsanak ini mengatakan, pendirian koperasi ini memang terinspirasi dengan maraknya masyarakat yang melakukan pinjaman dengan rentenir. Untuk membantu kesulitan masyarakat tersebut, dia berusaha berdiskusi dengan para tokoh masyarakat, sampai diusulkannya untuk mendirikan sebuah koperasi. 

" Koperasi ini sudah berjalan dua tahun lebih. Dan sekarang sudah berbadan hukum dan sudah melakukan RAT. Masyarakat pun  banyak yang berminat menjadi anggota koperasi ini. Mudah-mudahan keberadaan koperasi ini memang betul-betul seperti harapan kita semua, yaitu membantu perekonomian masyarakat. " ujar Wakil Kepala Sekolah SMA Kartika Ini.

Di akhir acara, Irwan Basir melakukan pengukuhan Pengurus Koperasi dan Pengguntingan Pita tanda pemakaian kantor sekretariat Koperasi Kalumbuk Badunsanak.

Dedi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar