Breaking

Minggu, 24 April 2022

Sosialisasi Perda No. 6 Tentang RPJMD, Zulkenedi Said: Masyarakat Pasbar Jangan Kendor Berpartisipasi dalam Pembangunan

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Ketua Komisi IV Bidang Pembangunan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Zulkenedi Said S, Sos, SH, MSi, mengajak masyarakat Kabupaten Pasaman Barat agar tidak kendor untuk turut berpartisipasi dalam tahapan pembangunan.

Hal itu ia sampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat nomor 6 tentang RPJMD, yang dipusatkan di Kantor Wali Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Minggu (24/04/2022).

“Kesadaran itu penting digalang agar keselarasan serta kesinambungan tahapan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah secara berjenjang tetap terlaksana sesuai target memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan prima yang menjadi haknya, ” ungkapnya dihadapan para Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan segenap unsur pemerintahan Nagari dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan pentingnya sinergitas dan keharmonisan program antar institusi terkait dalam unsur pemerintahan eksekutif guna menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan baik dalam perencanaan, penganggaran maupun azas manfaat yang akan diterima oleh masyarakat selaku objek pembangunan.

“Jangan sampai tahapan pembangunan yang dilaksanakan berlangsung tidak efektif, jauh dari prinsip-prinsip efisiensi dan miskin fungsi, ” tegasnya.

Senada, Prof DR Masmera, tenaga ahli DPRD Sumbar yang hadir sebagai narasumber, mengingatkan pentingnya keterlibatan masyarakat sejak dini dalam perencanaan pembangunan khususnya terkait infrastruktur pendukung.

“Banyak objek bangunan ketika direncanakan tidak akurat justru hanya akan menjadi sia-sia dan miskin manfaat, ” ungkapnya.

Hal itu, lanjutnya, tentu akan merugikan masyarakat yang menjadi sasaran dari tahapan pembangunan yang dilaksanakan tersebut.

Menurutnya, kondisi seperti itu merupakan salah satu tantangan bagi para pemimpin saat ini dan calon pemimpin masa depan, jika ingin mendapatkan legitimasi dari masyarakat luas disamping memiliki kemampuan dalam memanfaatkan potensi yang ada dilingkungannya semata-mata demi kepentingan masyarakat luas.

Ia mengatakan, saat ini pihak DPRD Sumatera Barat melalui Anggota DPRD Sumbar, Zulkenedi Said, tengah menginisiasi sejumlah paket pembangunan khususnya kawasan pesisir dan permukiman di tingkat Nagari seperti Nagari Kapa.

“Semoga dengan kegigihan dan semangat juang masyarakat bersama wakil rakyat yang dipilihnya, mampu memberikan perubahan baru yang lebih baik dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat, ” harapnya.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Kapa, Edi Hartono S, Sos,I, mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh legislator Zulkenedi Said, dalam mendorong pembangunan di daerah itu.

“Semoga kerjasama dan kekompakan yang telah terbina lama dengan masyarakat, akan menjadi modal dasar yang kuat dalam mewujudkan kesetaraan bagi masyarakat dalam upaya membangun kesejahteraan bagi masyarakat luas, ” tutupnya.

(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar