Breaking

Kamis, 23 Juni 2022

Anggota DPRD Sumbar Syafruddin Putra Jaring Aspirasi Masyarakat di Nagari Timpeh Dharmasraya

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dari Partai Gerindra, syafruddin putra pulang kampung ke ranah cati nan tigo atau ke Dapil 6 Sumbar yang meliputi Dharmasraya, Sijunjung, Sawahlunto, Tanah Datar, Padang Panjang dalam rangka kunjungan masa reses perorangan dan sekaligus menjemput Aspirasi masyarakat dinagari timpeh dan nagari taratak tinggi kecamatan timpeh dharmasraya.

Syafruddin putra yang merupakan putra dharmasraya, seorang Datuak dan tokoh , salah satu pemimpin senior di masyarakat yang pernah menjadi wali kota di jakarta utara yang lahir di dharmasraya walau lama di jakarta. selaku orang Minang , sang Datuak taat terhadap aturan adat yang menjunjung Filosofi Rang Minang adat basandi sara', sara' bersandikan kitabullah" berada di Komisi 5 DPRD Sumbar yang membidangi Kesehatan, Pendidikan dan kebudayaan serta Kesra langsung mengadakan silaturahmi dan langsung menyerap aspirasi masyarakat dapil 6 Sumbar khususnya Kabupaten dharmasraya , Selasa (22/06).

Dikatakan Syafruddin, masa reses anggota dewan adalah masa kegiatan DPRD di luar kegiatan masa sidang dan di luar gedung. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, masa reses mengikuti masa persidangan, yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun atau sebanyak 14 kali reses dalam periode 5 tahun masa jabatan DPRD.

Setelah reses, seluruh anggota dewan akan menyampaikan hasil reses anggota dewan yang merupakan aspirasi masyarakat pada masing-masing daerah. Selanjutnya, aspirasi masyarakat akan diakomodir dan sesuai dengan program-program pemerintah agar masuk dalam APBD Sumbar.

"Laporan reses ini akan dilaporkan dalam rapat paripurna, kemudian seluruh laporan hasil reses diserahkan kepada Gubernur," terangnya.

Reses anggota dewan diatur Peraturan Pemerintah PP Nomor 16 tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tentang Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

"Reses juga diatur Pasal 36 (f) PP 25/2004 menyatakan Anggota DPRD mempunyai kewajiban menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanluti aspirasi masyarakat," paparnya.

Selain itu Dia menyebutkan, dalam resesnya ke dharmasraya khususnya ke Nagari timpeh dan Nagari taratak tinggi kecamatan timpeh ini dengan tujuan untuk menjemput aspirasi masyarakat , turun lansung dengan cara bertatap muka, mendengarkan, menyerap aspirasi masyarakat khusus dibidang pendidikan, kebudayaan, pertanian,perkebunan, kesehatan dan kesra.

"Melalui reses inilah bisa bertatap muka dengan masyarakat dan mendengar langsung keluhan yang dihadapi masyarakat sesuai bidang yang ditempati di DPRD Sumbar," tegas Syafruddin Putra.

Mudah-mudahan resesnya ke dharmasrayaselama beberapa hari ini, akan ada aspirasi atau keluhan yang akan dibahasnya di DPRD nantinya, terangnya.

Sementara itu, wali nagari taratak ahmad sadar dt tumanggung mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRD Sumbar dari Gerindra datuak sunggono yang telah mengunjungi nagari taratak tinggi dalam rangka reses.

"Kami berharap sekembalinya Mantan Wakil Walikota Jakarta Utara ini ke Padang, tentu membawa oleh oleh dari dharmasraya khususnya dari aspirasi masyarakat nagari timpeh dan nagari taratak tinggi untuk dibahas nantinya di DPRD Sumbar dan dituangkannya dalam bentuk pokir DPRD Sumbar. Hasil Pokir itulah bisa dinikmati, dirasakan oleh masyarakat dharmasraya khususnya nagari taratak tinggi dan nagari timpeh," pintanya. 

Dikesempatan yang sama wali nagari timpeh mawardi A.Sag juga ucapkan hal senada .

Hadir pada acara reses ini camat timpeh yang diwakili sekcam timpeh bapak sapawi , wali nagari timpeh , wali taratak tinggi, kepala jorong di kedua nagari , beserta perangkat,ketua kelompok tani kedua nagari, kader kader di dua nagari , ketua umum sanggar cinta seni budaya saiyo sakato nagari tararak tinggi mandaro malin dan malin sunar guru perguruan silek kumango dharmasraya sanggar nagari taratak tinggi , monti Au guru dari perguruan silek staralak dari sanggar nagari taratak tinggi dan yang juga hadir ketua PAC pemuda pancasila kecamatan timpeh,kepala sekolah lansia sasabesa taratak tinggi , ketua perwakian LKLU dharmasraya kecamatan timpeh , pendamping desa di dua nagari,kepala puskesmas beringin sakti ,bhabinkamtibmas serta babinsa di kedua nagari, beserta para tokoh masyarakat di kedua nagari.

(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar