Breaking

Kamis, 17 November 2022

Event Budaya Terbesar di Sumbar, Festival Pesona Minangkabau Kembali Digelar

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Ribuan wisatawan memadati Istano Basa Pagaruyuang pada pembukaan Festival Budaya Minangkabau V yang digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Datar pada 17 hingga 20 November mendatang. 

Menjadi bagian dari Kalender Event Nasional (KEN), Festival Pesona Minangkabau 2022 ini mendapat apresiasi dari Joshua Puji Mulia, Staf Ahli Kreatif dan Inovasi Kemenparekraf RI.

Ia mengatakan, Ranah Minangkabau memiliki potensi luar biasa yang sudah banyak dikenal. Melalui berbagai gelaran seperti Festival Pesona Minangkabau ini, Joshua mendorong media maupun influencer untuk turut serta memviralkan daya tarik kepariwisataan Sumbar ke seluruh dunia.

"Banyak potensi di Sumatera Barat ini, untuk itu dunia harus tahu. Salah satu caranya dengan membuat festival untuk menceritakan budaya Minangkabau ini," kata beliau.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. Khususnya di Tanah Datar, terdapat banyak sekali event mulai dari tingkat nagari yang membantu geliat perekonomian masyarakat.

Sebagai contoh kata Wagub, dengan adanya program unggulan Tanah Datar Satu Nagari Satu Event, nilai perputaran uang sepanjang tahun 2022  melalui 14 event yang dihelat diperkirakan mencapai lebih dari 11 Miliar rupiah.

Ia menjelaskan, sebagai sektor yang sedang bertumbuh di Sumatera Barat, perpaduan Pariwisata dengan sektor unggulan Sumbar, yakni pertanian menjadi salah satu hal yang menjadi keunggulan Tanah Datar.

"Ini adalah sebuah inovasi yang saya rasa patut dicontoh kabupaten lain. Karena ini berdampak langsung ke masyarakat karena melibatkan UMKM pangan maupun non pangan," ujar Wagub.

Sementara itu Bupati Tanah Datar, Eka Putra menyebutkan Festival Pesona Minangkabau tersebut, merupakan event budaya Minangkabau terbesar di Sumatera Barat. 

Didukung sebanyak 600 orang penari, Festival Pesona Minangkabau akan menampilkan kekayaan seni pertunjukan, pawai budaya dari 18 kontingen, silek galombang, gandang tambua tansa, fashion show, randai, pameran stand, maupun kuliner dan UMKM di masing-masing nagari, dan banyak lainnya.

"Progul pariwisata satu nagari satu event memicu aktifnya sanggar-sangar seni budaya, olahraga dan UMKM Nagari, serta meningkatkan kunjungan wisata ke Tanah Datar," jelasnya.

Sebagai Nagari Tuo di Minangkabau, menurut Eka Putra hal tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Tanah Datar terhadap kelestarian budaya Minangkabau.(MC Prov Sumbar)

Dinas Kominfotik Sumbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar