Breaking

Senin, 07 November 2022

Malam Ta'aruf MTQ ke-VI Korpri, Gubernur Sumbar: Kami Ingin Keberkahan Al-Quran

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM -- 
Sebagai rangkaian awal pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-VI Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2022, yang berlangsung 6-13 November, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Malam Ta'aruf di Auditorium Gubernuran Sumbar, Minggu (6/11) malam.

Hadir dalam kegiatan yang merupakan sarana perkenalan dan kebersamaan antara khafilah tersebut, perwakilan peserta dan offisial dari 34 provinsi,
dewan pengawas, dewan hakim, serta panitera.

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi diawal sambutannya menyampaikan selamat datang di Ranah Minang kepada seluruh peserta yang hadir. Tampak hadir Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh, Ketua Dewan Pengawas, Nazaruddin Umar, Said Agil Al Munawar. Hadir pula Kapolda Sumbar, Irjen. Pol Suharyono, Wagub Audy Joinaldy, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov Sumbar.

"Selamat datang di Kota Padang, Sumatera Barat, untuk mengikuti MTQ ke-IV KORPRI Tingkat Nasional di Padang-Sumatera Barat," ujar gubernur.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Korpri Pusat yang telah memberi kepecayaan kepada Provinsi Sumatera Barat sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Ke-VI Korpri Tingkat Nasional.

"Bahkan kalau bisa MTQ Korpri berikutnya tetap dilaksanakan di Sumbar, kita siap," kata gubernur berseloroh dan mendapat aplaus dari peserta yang hadir.

"Kenapa begitu? Karena kami ingin mendapatkan keberkahan dari Al Quran. Oleh sebab itu juga, Pemprov Sumbar menyiapkan reward untuk khafilah dari Sumbar yang mampu meraih juara 1 atau 2, berupa uang hingga Rp200 juta. Wujud kami ingin memberikan semangat pada mereka, dan penghargaan kepada mereka," sambung gubernur.

Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi kesiapan Penpriv Sumbar sebagai penyelenggara MTQ ke-VI Korpri tingkat nasional. Terutama ulaya memotivasi para ASN yang menjadi peserta dengan menyiapkan reward.

"Semoga bisa ditiru gubernur lain. Karena MTQ ini memang sejatinya bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan ukhuwah serta menumbuhkan nilai qurani di birokrasi," ucap Zudan.

Sebelumnya, Sekdaprov Sumbar, Hansastri selaku Ketua Panitia MTQ ke-VI Korpri menyanpaikan, perhelatan ini diikuti sebanyak 902 peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia dan 49 Kementerian/Lembaga yang terdiri dari sembilan cabang dengan tempat pelaksanaan lomba terdiri atas 8 (delapan) venue.

Kedelapan venue tersebut adalah di Masjid Al Hakim, Masjid Raya Sumbar, Aula Kantor Gubernur, Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Aula UIN Imam Bonjol Padang, SMA Negeri 1 Padang, Aula Dinas Kebudayaan dan Laboratorium Komputer BKD Provinsi.

"Malam Ta'aruf ini merupakan rangkaian awal dari MTQ ke-VI Korpri. Selanjutnya lada 7 Nivember akan dilaksanakan pelantikan Dewan Hakim, Seminar Al Qur'an dan Orientasi Dewan Hakim. Lalu Pembukaan MTQ, serta Seminar Nasional Al Qur'an," jelas Hansastri.

Untuk pelaksanaan Musabaqah pada tanggal 8 s.d 11 November dan penutupan MTQ pada tanggal 12 November. Selain itu, selama MTQ berlangsung juga terdapat pameran dan bazar di Halaman Kantor Gubernur pada tanggal 7 hingga 12 November.

Acara malam taaruf diakhiri dengan penampilan tujuh orang dewan dewan hakim yang bacakan haflah tilawah Al-Quran, yakni berupa berbagai macam seni membaca Al-Quran, yang mengundang decak kagum para peserta malam taaruf.(doa/MMC)

Dinas Kominfotik Sumbar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar