Breaking

Jumat, 09 Juni 2023

Persiapan Rampung 100 %, Penas Tani XVI Tahun 2023 Siap Digelar

Baca Juga


BIJAKNEWS.COM --
 Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov. Sumbar) memastikan segala persiapan penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 di Sumatera Barat (Sumbar) rampung 100 persen.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah setelah melakukan peninjauan lapangan bersama Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo. Jum'at, (9/6/2023).

"Kita sudah cek bersama Pak Menteri. Alhamdulillah, segala persiapan sudah rampung semua," ungkap Mahyeldi.

Diharapkannya, pembukaan kegiatan Penas   Sabtu pagi besok (10/9) dapat berjalan sukses dan lancar karena akan dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi negara dan puluhan ribu peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Berdasarkan informasi dari pihak panitia, terdapat sejumlah menteri yang dijadwalkan akan hadir dalam pembukaan iven tersebut. Seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir.

Kemudian juga ada Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Mulyo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang. 

Selain dari jajaran Kabinet Indonesia Maju, juga akan hadir Ketua DPR RI, Puan Maharani. Ketua DPD RI La Nyalla Mataliti. Gubernur Bank Indonesia dan sejumlah pejabat lainnya.

Gubernur Mahyeldi menyebut, berdasarkan data dari panitia, per hari ini sudah puluhan ribu peserta Penas Tani berada di Sumbar. Bahkan, enam gubernur juga telah hadir di Padang sejak Kamis dan Jumat pagi. 

Seperti Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman. Gubernur Jambi, Al Haris. Gubernur Maluku, Murad Ismail dan perwakilan Gubernur Papua, Asisten II pemerintahan setempat.

"Alhamdulillah, puluhan ribu peserta sudah hadir di Padang. Bahkan sejumlah Kepala Daerah juga sudah tampak datang,"tutur Mahyeldi. 

Gubernur Mahyeldi menambahkan, dalam iven nasional ini, keterlibatan peserta dan masyarakat sekitar sangat tinggi.

Keterlibatan peserta tersebut terlihat dari adanya kegiatan gelar teknologi, dimana para peserta diberikan ruang untuk menampilkan berbagai karya inovasinya dalam bentuk pameran.

Sedangkan untuk keterlibatan masyarakat sekitar, tampak dari pemanfaatan ribuan rumah warga sekitar untuk pemondokan para peserta dengan menerapkan sistem sewa.

Sementara itu, H-1 menjelang pembukaan acara, Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo kembali melakukan peninjauan ke lokasi penyelenggaraan acara di Lanud Sutan Syahrir.

Kunjungannya tersebut turut didampingi oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah, Wakil Gubernur Audy Joinaldy dan, Ketua Panitia Daerah Penas KTNA XVI 2023 Hansastri serta sejumlah pejabat lainnya. 

Saat tinjauan tersebut, Mentan terlihat sangat puas dan mengapresiasi kinerja dari Gubernur Mahyeldi beserta jajaran dalam mematangkan kesiapan lokasi penyelenggaraan Penas Tani.

Mentan Syahrul Yasin Limpo berharap, pembukaan dan kegiatan yang dilangsungkan selama sepekan kedepan dapat berjalan sukses dan memberi dampak positif terhadap sektor pertanian nasional.

Pada kesempatan itu, meskipun dalam suasana gerimis, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengajak Gubernur Mahyeldi bersama Wagub Audy Joinaldy dan beberapa pejabat terkait lainnya mengelilingi sejumlah lokasi Penas Tani.

Salah satu lokasi yang menjadi titik peninjauan adalah panggung utama dan area pameran yang sudah berdiri megah dan siap untuk menampung para peserta dan tamu undangan yang hadir saat pembukaan nanti. 

Dari pantauan lapangan tersebut, seluruh stand dan tenda-tenda acara telah tertata rapi termasuk beberapa produk pangan yang ditanam pada lahan percontohan. Selain itu, juga tampak kegiatan gladi bersih sedang dilangsungkan.

ADPSB 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar